Thursday, January 16, 2014

"Tak Ada Sedekah Yang Serupai Sedekah Ilmu?"

  
[Sanad & Matan]

Dalam al-Mu'jam al-Kabiir oleh ath-Thabrany, disebutkan:

Telah ceritakan pada kami Abdul Aziz bin Muhammad bin Abdullah bin Ubayd bin Aqil al-Muqri', telah ceritakan pada kami Ibrahim bin Salm al-Hujaymy, telah ceritakan pada kami Awn bin Umarah, telah ceritakan pada kami Abu Bakr al-Hudzaly, dari al-Hasan, dari Samurah bin Jundub, ia berkata: Telah berkata Rasulullah:

" مَا تَصَدَّقَ النَّاسُ بِصَدَقَةٍ مِثْلَ عِلْمٍ يُنْشَرُ "

"Tidaklah manusia bersedekah dengan sebuah sedekah (yang sebanding dengan) ilmu yang disebar."

 [Rijal Sanad Hadits]

RASULULLAH <== Samurah bin Jundub [1] <-- al-Hasan [2] <-- Abu Bakr al-Hudzaly [3] <-- Awn bin Umarah [4] <-- Ibrahim bin Salm al-Hujaymy [5] <-- Abdul Aziz bin Muhammad bin Abdullah bin Ubayd bin Aqil al-Muqri' [6] <== ATH-THABRANY


[1] Samurah bin Jundub: Sahabat Nabi, wafat di Bashrah pada 59 H.

[2] Al-Hasan: Hasan bin Yasar, lebih dikenal dengan al-Hasan al-Bashry, perawi tingkatan ke-3 yang dinilai tsiqah namun tergolong mudallis dan mursil. Tadlisnya mencacati sanad jika berkaitan dengan sahabat. Adapun jika berkaitan dengan tabi'in, maka tidak mencacati. Wafat pada tahun 110 H.

[3] Abu Bakr al-Hudzaly: Salma bin Abdullah al-Hudzaly, perawi tingkatan ke-7 yang wafat pada 167 H. Haditsnya matruk dan munkar. Ia dinilai dhaif oleh para ulama.

[4] Awn bin Umarah: Abu Muhammad al-Iydy, perawi tingkatan ke-9 yang wafat pada 212 H. Dinilai dhaif oleh para ulama.

[5] Ibrahim bin Salm al-Hujaymy: Abu Ishaq al-Hujaymy, majhuul al-haal (kondisinya tak ketahuan). Tingkatan ke-10.

[6] Abdul Aziz bin Muhammad bin Abdullah bin Ubayd bin Aqil al-Muqri': Perawi tingkatan ke-12; majhuul al-haal (kondisinya tidak ketahuan).

[Hukum Sanad]

"DHA'IF JIDDAN"

 [Takhrij]

Diriwayatkan pula oleh Ibn an-Najjar (2/110/10), dan Afiif ad-Diin Abu al-Ma'aly dalam "Fadhl al-Ilm" (2/113) dari Awn bin Umarah, dari Abu Bakr al-Hudzaly, dari al-Hasan, dari Samurah secara marfu' (sebagaimana sanad hadits yang kita bahas).

Diriwayatkan pula oleh Ibnu Ady (1/168) dari jalur Hajjaj bin Nashir: telah ceritakan pada kami Abu Bakr (al-Hudzaly) dengan sanad di atas. [Lihat: "Silsilah al-Ahaadiits adh-Dha'iyfah, 9/427, Muhammad Nashiruddin al-Albany]

Sementara kita telah tahu bahwa Abu Bakr al-Hudzayl itu matruk. [Taqriib at-Tahdziib, hal. 625]

Dan Hajjaj bin Nashir: di-jarh oleh para ulama. Ia dha'if. [Lihat: Miizaan al-I'tidaal, 1/465]

[Hukum Hadits]
------------------

"DHA'IF JIDDAN"

Wallahu a'lam

Semoga bermanfaat dan menambah semangat.


No comments:

Post a Comment